Judul Buku | : | PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI EDISI KETIGA | |
Pengarang | : | Beverly Otto | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 532 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 19 x 23 cm | |
Berat | : | 800 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 179,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 152,150 | |
Stock | : | 1 |
PERKEMBANGAN
BAHASA PADA ANAK USIA DINI EDISI KETIGA
Pengarang: Beverly Otto
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAB 1 BAHASA DALAM
KEHIDUPAN KITA
Peran
Anda sebagai Pendidik Profesional Anak Usia Dini
Menjadi
Pembicara, Pembaca, dan Penulis
Aspek-aspek
Pengetahuan Bahasa
Tingkat
Pengetahuan Bahasa
Bentuk
Bahasa Lisan dan Tulis
Peran
Penting Kemampuan Bahasa Lisan Anak
Rangkuman
BAB 2 PANDANGAN
TEORETIS DAN KONTEKS PERKEMBANGAN BAHASA
Belajar
Berkomunikasi: Pandangan Teoretis
Peran
Otak dalam Perkembangan Bahasa
Konteks
Perkembangan Bahasa
Rangkuman
BAB 3 PERKEMBANGAN BAHASA ANTARA
ANAK-ANAK DENGAN KEBERAGAMAN LINGUISTIK
Keberagaman
Bahasa
Keberagaman
Bahasa dan Perolehan Bahasa Kedua
Program
untuk Pelajar Bahasa Kedua
Cara-cara
Memperluas Perkembangan Keberagaman Linguistik
Rangkuman
BAB 4 PERKEMBANGAN
BAHASA PADA BAYI DAN BATITA
Konteks
Komunikasi Awal
Aspek-aspek
Perkembangan Bahasa Bayi dan Batita
Perkembangan
Fonetik pada Bayi
Perkembangan
Fonetik pada Batita
Masalah
Kesehatan clan Perkembangan Pengetahuan Fonetik
Perkembangan
Semantik pada Bayi
Perkembangan
Semantik pada Batita
Perkembangan
Sintaksis pada Bayi
Perkembangan
Sintaksis pada Batita
Perkembangan
Morfemik pada Bayi
Perkembangan
Morfemik pada Batita
Perkembangan
Pragmatik pada Bayi
Perkembangan
Pragmatik pada Batita
Rangkuman
BAB 5 MEMPERLUAS PERKEMBANGAN BAHASA PADA BAYI DAN BATITA
Konsep
Developmental Appropriateness di Dalam Kurikulum
Bayi
Kurikulum
Bayi
Batita
Kurikulum
Batita
Rangkuman
BAB 6 PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA PRASEKOLAH
Lingkungan
Rumah
Lingkungan
Kelas
Perkembangan
Pengetahuan Fonetik
Perkembangan
Pengetahuan Semantik
Perkembangan
Pengetahuan Sintaksis
Perkembangan
Pengetahuan Morfemik
Perkembangan
Pengetahuan Pragmatik
Rangkuman
BAB 7 MEMPERLUAS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK-ANAK USIA PRASEKOLAH
Panduan
Interaksi dengan Anak-anak Prasekolah
Kegiatan-kegiatan
Kurikuler untuk Memperluas Bahasa Anak-anak Prasekolah
Rencana
Kurikulum
Rangkuman
BAB 8 PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Perkembangan
Pengetahuan Fonetik
Perkembangan
Pengetahuan Semantik
Perkembangan
Pengetahuan Sintaksis
Perkembangan
Pengetahuan Morfemik
Perkembangan
Pengetahuan Pragmatik
Rangkuman
BAB 9 MEMPERLUAS
PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA TAMAN KANAK-KANAK
Gambaran
Kurikulum Taman Kanak-Kanak
Panduan
untuk Interaksi Guru dengan Anak-anak Taman Kanak-kanak
Kegiatan-kegiatan
yang Memperluas Bahasa di Taman Kanak-kanak
Kegiatan-kegiatan
Eksploratori
Kegiatan-kegiatan
yang Dipandu Guru
Kegiatan Rutin "Yang Special" di Dalam Bangunan
Kelas
Rangkuman
BAB 10 PERKEMBANGAN
BAHASA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Perkembangan
Pengetahuan Fonetik
Perkembangan
Pengetahuan Semantik
Perkembangan
Pengetahuan Sintaksis
Perkembangan
Pengetahuan Morfemik
Perkembangan
Pengetahuan Pragmatik
Rangkuman
BAB 11 MEMPERLUAS
PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SEKOLAH
DASAR
Faktor-faktor
yang Memengaruhi Suasana Bahasa di Sekolah Dasar (Kelas 1-3)
Pola-pola
Interaksi untuk Kelas Sekolah Dasar
Gambaran
Tujuan Kurikuler yang Berhubungan dengan Bahasa pads Sekolah Dasar
Peran
Kunci Kemampuan Mendengarkan
Merencanakan
Kegiatan-kegiatan untuk Memperluas Perkembangan Bahasa
Murid
Usia Sekolah Dasar
Kegiatan-kegiatan
yang Berpusat pads Penyelidikan Serta Penemuan
Kegiatan-kegiatan
Arahan dari Guru
Kegiatan-kegiatan
Arahan dari Guru dalam Kelompok Kecil
Rangkuman
BAB 12 PENILAIAN BAHASA: PENGAMATAN,
PEMERIKSAAN, PENDIAGNOSISAN, DAN PENDOKUMENTASIAN
Menggunakan Observasi
Informal untuk Mendokumentasikan Perkembangan
Bahasa
Anak di Dalam Kelas
Memeriksa
Keterlambatan Perkembangan Bahasa Anak
Mendiagnosis
Kemampuan Bahasa Anak di Bidang-bidang Kesulitan Tertentu
Menggunakan
Portofolio untuk Mendokumentasikan Perkembangan Bahasa Anak
Berbagi
Informasi Penilaian dengan Orang Tua
Rangkuman
BAB 13 MEMPERLUAS PERKEMBANGAN BAHASA DI ANTARA
ANAK-ANAK DENGAN GANGGUAN KOMUNIKASI
Pendekatan
Tim untuk Membantu Anak dengan Gangguan Komunikasi
Kesulitan
Penclengaran
Gangguan
Artikulasi
Gangguan
Kefasihan
Gangguan
Bahasa Khusus/Keterlambatan Berbahasa.
Gangguan
Kognitif Autisme
Membuat
Rujukan untuk Anak Berisiko Gangguan Komunikasi
Rangkuman
BAB 14 MEMBANTU PERKEMBANGAN
BAHASA MELALUI HUBUNGAN SEKOLAH-RUMAH
Tujuan
Membangun Hubungan Sekolah-Rumah
Faktor-faktor
yang Memengaruhi Keterlibatan Keluarga/Orang Tua
Kesernpatan
untuk Partisipasi clan Keterlibatan Orang Tua
Mendorong
Orang Tua untuk Hadir ke Sekolah
Kegiatan-kegiatan
Pembelajaran di Rumah
Partisipasi
di Kelas
Ciri-ciri
Kesuksesan Program Orang Tua
Contoh
Kesuksesan Hubungan Rumah-Sekolah
Rangkuman
LAMPIRAN A: SAPAAN DAN EKSPRESI DASAR
DALAM BERBAGAI BAHASA
LAMPIRAN B: INFEKSI TELINGA: RADANG TELINGA
GLOSARIUM
REFERENSI
INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar