Judul Buku | : | ASESMEN DAN EVALUASI PENDIDIKAN PILAR PENYEDIA INFORMASI DAN KEGIATAN PENGENDALIAN MUTU PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 344 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 17 x 24 cm | |
Berat | : | 500 hlm | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 115,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 97,750 | |
Stock | : | 1 |
ASESMEN
DAN EVALUASI PENDIDIKAN PILAR PENYEDIA INFORMASI DAN KEGIATAN PENGENDALIAN MUTU
PENDIDIKAN
Pengarang: Prof. Dr. A. Muri
Yusuf, M.Pd
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAGIAN PERTAMA KONSEP-KONSEP DASAR
PENGUKURAN, ASESMEN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
BAB 1. PENGERTIAN DAN FUNGSI PENGUKURAN, ASESMEN DAN EVALUASI PENDIDIKAN
Beberapa Penclapat tentang
Pengukuran, Asesmen dan Evaluasi Pendidikan
Apakah yang Dimaksud dengan
Pengukuran?
Apakah yang Dimaksud dengan
Asesmen?
Apakah yang Dimaksud dengan
Evaluasi?
Tujuan dan Fungsi Asesmen
Pendidikan
Prinsip-prinsip Asesmen dan
Evaluasi yang Baik
Subjek, Objek, dan Sasaran
Asesmen Pendidikan
BAB 2. ASESMEN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS PERBAIKAN MUTU BERKELANJUTAN
Pendidikan sebagai Suatu
Sistem
Asesmen sebagai Bagian
Integral dari Proses Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dan Pengendalian
Mutu Pendidikan
BAB 3. SYARAT-SYARAT INSTRUMEN YANG BAIK
Validitas
Pengertian
Jenis Validitas
Cara Mengukur Validitas
Cara Menentukan Validitas
Tiap Butir Soal
Reliabilitas
Pengertian
Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Reliabilitas
Cara Menentukan Reliabilitas
Objektif
Praktis dan Mudah Digunakan
Biaya yang Digunakan Tidak
Terlalu Tmggi
Mudah Diadministrasikan
Mudah
Diskor
Mudah Diinterpretasikan
Waktu yang Tepat dan Tidak
Terlalu Lama
Norma
BAB 4. INSTRUMEN ASESMEN
Tes
Pengertian Tes
Jenis-jenis Tes
Tes
Standar dan Tes Buatan
Guru/Tes Lokal
Inventors
Observasi
Kuesioner
Wawancara
Skala Bertingkat
Sosiometri
Checklist
BAGIAN KEDUA ASESMEN
DAN EVALUASI KURIKULUMSERTA PROGRAM
BAB 5. ASESMEN DAN EVALUASI KURIKULUM
Apakah yang Dimaksud dengan
Kurikulum?
Fungsi Asesmen dan Evaluasi
Kurikulum
Model-model Evaluasi
Kurikulum
Langkah-langkah Asesmen dan
Evaluasi Kurikulum
BAB 6. ASESMEN DAN EVALUASI PROGRAM
Apakah yang Dimaksud dengan
Program?
Tujuan Evaluasi Program
Kerangka Asesmen dan Evaluasi
Program
BAGIAN KETIGA ASESMEN PEMBELAJARAN
DAN ASESMEN KELAS
BAB 7.
ASESMEN PEMBELAJARAN
Asesmen Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Asesmen Proses Pembelajaran
BAB 8. ASESMEN
KELAS (CLASSROOM ASSESSMENT)
Pengertian Asesmen Kelas (Classroom Assessment)
Dasar-dasar Pertimbangan
Muncuinya Asesmen Kelas
Karakteristik Asesmen Kelas
Asesmen Kelas Sebagai Asesmen
Konteks
Langkah-langkah
Pengimplementasian Asesmen Kelas E Teknik-teknik yang Dapat Digunakan dalam
Asesmes Kelas
BAGIAN KEEMPAT ASESMEN HASIL BELAJAR
BAB 9. ASESMEN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN TRADISIONAL
Tes Hasil Belajar
Jenis-jenis Tes Hasil Belajar
Tes Hasil Belajar yang Telah
Distandardisasikan
Tes Hasil Belajar Buatan
Guru/Pendidik (Teacher
Made Test)
Prinsip-prinsip Asesmen Hasil
Belajar
Perencanaan dan Penyusunan
Tes Hasil Belajar
Penentuan Tujuan Pembelajaran
Blueprint atau Msi-kisi Ujian
Langkah-langkah Penyusunan
Tes Hasil Belajar
Komponen-komponen Tes dan
Persiapan Penyusunannya
Tes Esai dan Tes Objektif
Beda Tes Esai dan Tes
Objektif
Tes Esai
Tes Objektif
Pengadministrasian Tes,
Penskoran dan Penentuan Mai
Persiapan dan
Pengadministrasian Tes
Penskoran
Pengolahan dan Penyajian Data
Pengolahan Skor Mentah
Menjadi Angka
Pengolahan Skor Mentah
Menjadi T Skor
Dua Pendekatan Penentuan
Lulus dalam Asesmen Hasil Belajar
Analisis Soal dan
Pengembangan Alat Asesmen
Tingkat Kesukaran Soal
Daya Pembeda
Bank Soal
BAB 10. ASESMEN HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPETENSI
Pengertian Kompetensi
Hubungan Tujuan, Kurikulum
dan Asesmen Hasil Belajar
Bentuk-bentuk Asesmen Hasil
Belajar Berbasis Kompetensi
Patokan dan Penentuan Lulus
BAB 11. ASESMEN ALTERNATIF (ALTERNATIVE ASSESSMENT)
Pengertian Asesmen Alternatif
Dasar Rasional
Karakteristik Asesmen
Alternatif
Pro dan Kontra Terhadap
Asesmen Alternatif
Teknik-teknik yang Digunakan
dalam Asesmen Alternatif
Portofolio
Rubrik
Jurnal Belajar (Learning Journal)
atau Jurnal Siswa (Student
Journal)
Catatan Ringkas tentang
Belajar (Learning
Log)
Penilaian Diri (Self Assessment)
Peta Konsep (Concept Map)
Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion)
BAB 12. ASESMEN AUTENTIK (AUTHENTIC ASSESSMENT)
Pengertian
Ciri-ciri Asesmen Autentik
Teknik-teknik yang Digunakan
dalam Asesmen Autentik
BAB 13. ASESMEN/UNJUK KERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT)
Pengertian Asesmen Unjuk
Kerja
Karakteristik Asesmen Unjuk
Kerja
Tes Unjuk kerja
Pengertian Tes Unjuk Kerja
Jenis-jenis Tes Unjuk. Kerja
Kegunaan Tes Unjuk Kerja
Langkah-langkah Penyusunan
Tes Unjuk Kerja
Beberapa Model Tes UnjukKerja
Inventors Unjuk Kerja
BAGIAN KELIMA ASESMEN ASPEK-ASPEK KHUSUS PESERTA DIDIK
BAB 14. ASESMEN INTELIGENSI
Pengertian Inteligensi
Beberapa Contoh Tes Inteligensi
BAB 15. ASESMEN BAKAT
Pengertian Bakat
Beberapa Contoh Tes Bakat
REFERENSI
TENTANG PENULIS
Cr pemesanan bgmn?
BalasHapusCr pemesanan bgmn?
BalasHapusSilahkan sms ke HP. 085725363887 dg format #Judul Buku # Pengarang # Nama Anda # Alamat Lengkap #
Hapus