Judul Buku | : | PENGANTAR PENILAIAN HASIL BELAJAR | |
Pengarang | : | Budiyono | |
Penerbit | : | UNS Press Publishing dan Printing | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 202 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 63,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 53,550 | |
Stock | : | 1 |
PENGANTAR PENILAIAN HASIL BELAJAR
Pengarang: Budiyono
Penerbit: UNS Press Publishing dan Printing
DAFTAR ISI
BAB I PENGUKURAN DAN PENILAIAN
Pendahuluan
Pengukuran
Penilaian
Asumsi-asumsi pads penilaian pendidikan
Bahan diskusi
BAB II TEORI PENGUKURAN
Pendahuluan
Teori tes klasik
Teori respons butir
Perbandingan teori tes klasik dan teori respons butir Bahan diskusi
Perbandingan teori tes klasik dan teori respons butir Bahan diskusi
BAB III TES DAN PERSYARATANNTYA
Pendahuluan
Validitas
Reliabilitas
Metode untuk mengestimasi koefisien reliabilitas
Metode untuk mengestimasi koefisien reliabilitas
Penafsiran koefisien reliabiltas
Faktor-faktor yang mempengaruhi reliabilitas
Bahan diskusi
BAB IV PENILAIAN RANAH KOGNITIF
Pendahuluan
Jenis tes
Tes membangun jawaban (constructed-response test)
Tes membangun jawaban (constructed-response test)
Tes uraian
Tes jawaban singkat (short answer test)
Tes memilih jawaban (selected-response test)
Tes Pilihan Ganda
Taksonomi Bloom
Taksonomi Bloom yang direvisi
Langkah-langkah konstruksi tes hasil belajar pada
ranah kognitif
Bahan diskusi
BAB V ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN RANAH KOGNITIF
Pendahuluan
Analisis butir untuk soal pilihan ganda
Tingkat kesulitan (difficulty)
Daya pembeda (discrimination power)
Berfungsinya pengecoh
Paket program untuk analisis butir
Analisis butir untuk soal uraian
Tingkat kesulitan
Daya pembeda
Bahan diskusi
BAB VI NON TES
Pendahuluan
Skala lajuan (rating scale)
Skala sikap
Bahan diskusi
BAB VII PENILAIAN RANAH AFEKTIF
Pendahuluan
Pengertian ranah afektif
Penggolongan ranah afektif
Instrumen penilaian ranah afektif
Pengembangan instrumen ranah afektif
Penskoran instrumen penilaian ranah afektif
Penafsiran hasil pengukuran ranah afektif
Validitas instrumen ranah afektif
Analisis butir pada instrumen ranah afektif
Reliabilitas instrumen ranah afektif
Bahan diskusi
BAB VIII PENILAIAN RANAH PSIKOMOTOR
Pendahuluan
Penggolongan ranah psikomotor
Instrumen ranah psikomotor
Tes unjuk kerja (performance test)
Prosedur pengukuran ranah psikomotor
Pengembangan instrumen ranah psikomotor
Penskoran instrumen ranah psikomotor
Penafsiran pengukuran ranah psikomotor
Bahan diskusi
BAB IX PENILAIAN BERBASIS KELAS, PENILAIAN UNTUK PEMBELAJARAN, DAN PENILAIAN OTENTIK
Pendahuluan
Penilaian berbasis kelas (classroom-assessment) Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
Penilaian berbasis kelas (classroom-assessment) Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)
Penerapan assessment for learning di kelas
Penilaian otentik (authentic assessment)
Bahan diskusi
BAB X PENILAIAN PORTOFOLIO
Pendahuluan
Permakaian di kelas
Langkah-langkah penilaian portofolio di kelas
Keunggulan-keunggulan penilaian portofolio
Kelemahan-kelemahan penilaian portofolio
Rubrik penilaian portofolio
Bahan diskusi
BAB XI DIFFERENTIAL ITEM FUNCTIONING
Pendahuluan
Pengertian DIF
Waktu pendeteksian DIF
Tindak lanjut keberadaan DIF
Metode pendeteksian DIF
Metode Mantel-Haenszel
Bahan diskusi
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar