Judul Buku | : | COLLABORATIVE LEARNING TECHNIQUES TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF | |
Pengarang | : | Alizabert E. Barkley | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
Cetakan | : | Ke-3 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 444 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16x24 cm | |
Berat | : | 700 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 67,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 56,950 | |
Stock | : | 1 |
COLLABORATIVE
LEARNING TECHNIQUES TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Pengarang: Alizabert E. Barkley
Penerbit Nusamedia
DAFTAR
ISI
BAGIAN SATU PENDAHULUAN
1. ALASAN PENERAPAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Apakah
yang Kami Maksud dengan Pembelajaran Kolaboratif?
Apa
Perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif?
Pembelajaran
Kooperatif
Pembelajaran
Kolaboratif
Pembelajaran
Kolaboratif versus Kooperatif
Apakah
Karakteristik yang Menentukan Kelompok Pembelajaran yang Efektif?
Apakah
Dasar Pemikiran Pedagogic bagi Pembelajaran Kolaboratif
Pentingnya
Membuat Koneksi
Koneksi
Neurologic
Koneksi
Kognitif
Koneksi-koneksi
Social
Apakah
Bukti Bahwa Pembelajaran Kolaboratif Mendmngdan
Meningkatkan
Pembelajaran?
Riset
mengenai Pengaruh Teman Sebaya
Riset
mengenai Lingkungan Perguruan Tinggi
Riset
terhadap Pembelajaran Kolaboratif di Kelas
Riset
terhadap Kepuasan Mahasiswa
Mahasiswa
Manakah yang Mendapatkan Manfaat Paling Besar dari Pembelajaran Kooperatif.
Apakah Semua Orang Senang dengan Pembelajaran
Kooperatif?
Masalah-masalah
yang Tidak Diriset
Kesimpulan
Catatan
Akhir
BAGIAN DUA MENGIMPLEMENTASIKAN
PEMBELAJARAN KOLABORATIF -
2.
MENGORIENTASIKAN
MAHASISWA
Pendahuluan
dan Pemecahan Kebekuan
Pemecah
Kebekuan Sosial
Pengenalan
Perkuliahan
Kebijakan
dan Prosedur Perkuliahan
Tinjauan
Silabus
Menentukan
Aturan Dasar Kelompok
Kontrak
Belajar Kelompok
Mengorientasikan
Mahasiswa pada Pembelajaran Kolaboratif
Kesimpulan
3.
MEMBENTUK
KELOMPOK
Jenis
Kelompok
Ukuran
Kelompok
Keanggotaan
Kelompok
Memilih
Anggota Kelompok
Mengubah
Anggota Kelompok
Membagi
Peran pada Anggota Kelompok
Kesimpulan
4.
MENYUSUN
TUGAS PEMBELAJARAN
Pertimbangan
Umum Ketika Menyusun Tugas
Merancang
Pengarah Tugas Pembelajaran
Membuat
Tugas yang Berhubungan dengan. Desain Perkuliahan yang Lebih Luas
Taksonomi
Tujuan-injuan Pendidikan Ciptaan Bloom
Teaching Goals Inventory (TGT) dan Classroom Assessment
Teaching Goals Inventory (TGT) dan Classroom Assessment
Techniques
(CATS) dari Angelo dan Cross
Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model Ini
Menggunakan Teknik-teknik Pembelajaran Kolaboratif untuk Mengimplementasikan Model Ini
Model-model
Desain Perkuliahan Lainnya
Kesimpulan
5. MEMFASILITASI KOLABORASI MAHASISWA
Memperkenalkan
Kegiatan
Mengobservasi
dan Befinteraksi dengan Kelompok
Menangani
Masalah
Partisipasi
yang Tidak Berimbang
Penolakan
Mahasistva terhadap Kerja Kelompok
Perilak-u
Mangkir dari Tugas
Kelompok
yang Tidak Bisa Akur
Ada Beberapa atau Tidak ada Mahasiswa
yang Bersedia Menjadi Pemimpin
Tingkat
Kemampuan yang Berbeda
Kelompok-kelompok yang Bekerja dengan Tingkat Berbeda Persoalan Kehadiran
Kelompok-kelompok yang Bekerja dengan Tingkat Berbeda Persoalan Kehadiran
Kecurangan
Teknik-teknik
Pelaporan
Membantu
Kelompok Membuat Penutup
Membantu Kelompok Menyintesiskan Pelajaran yang Telah Dipelajari dan Kesimpulan yang Dicapai
Membantu Mahasiswa Merayakan Pencapaian Mereka
Membantu Kelompok Menyintesiskan Pelajaran yang Telah Dipelajari dan Kesimpulan yang Dicapai
Membantu Mahasiswa Merayakan Pencapaian Mereka
Kesimpulan
6.
MEMBERI NILAI DAN MENGEVALUASI PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Memastikan
Tanggung Jawab Individual dan Interdependensi
Positif
Kelompok
COLT
I2: Test-Taking Teams
CoLT
20:
Group
Grid
CoLT
24: Dialogue Journals
Pedoman Umum untuk
Memberi Nilai Keda Kolaboratif
Keputusan Penting
dalam Memberi Nilai untuk Kerja Kolaboratif Menentukan apa yang harus
dievaluasi
Memutuskan
Apakah Harus Melakukan Evaluasi terhadap Tujuan Formatif dan Sumatif
Memutuskan
Siapa yang Melakukan Evaluasi
Pengajar
Evaluasi
oleh Mahasiswa Sendiri
Evaluasi
oleh Teman
Evaluasi
oleh Kelompok
Kesimpulan
BAGIAN TIGA TEKNIK-TEKNIK PEMBELAJARAN
KOLABORATIF (COLT)
Asal-usul CoLT
Bagaimana Menggunakan CoLT
Kategori-kategori CoLT
Format yang
Digunakan untuk Menyampaikan CoLT
7.
TEKNIK-TEKNIK
DISKUSI
Think
Pair-Share (Bertukar
Pikiran secara. Berpasangan)
Round Robin (Merespon Bergiliran)
Buzz Group (Kelompok Desas-Desus)
Talking
Chips (Keping Bicara)
Three-Step
Interview (Wawancara Tiga-Tahap)
Critical Debate
(Debat Mtis)
8.
TEKNIK-TEKNIK
PENGAJARAN RESIPROKAL
Note-Taking Pairs (Pasangan Mencatat)
Learning Cell (Sel Pembelajaran)
Fishbowl (Toples
Ikan)
Role Play
(Permainan Peran)
Jigsaw (Menyusun
Potongan Pusel)
Test-Taking Teams
(Tim Peserta-Ujian)
9. TEKNIK-TEKNIK PENYELESAIAN MASALAH
Think-Aloud
Pair Problem Solving (TAPPS) (Menyelesaikan
Masalah
Berpasangan secara Lisan)
Send-A-Problem
(Mengirim Masalah)
Case
Study (Studi Kasus)
Structured Problem Solving (Penyelesaian Masalah Terstruktur)
Structured Problem Solving (Penyelesaian Masalah Terstruktur)
Analytic
Teams (Tim Analitis)
Group
Investigation (Investigasi Kelompok)
10. TEKNIK-TEKNIK YANG MENGGUNAKANPENGELOL
INFORMASI GRATIS
Affinity
Grouping (Pengelompokan Afinitas)
Group
Grid (Kisi Kelompok)
Team
Matrix (Matriks Tim)
Sequence
Chains (Rantai
Skuen)
Word
Webs (Daring
.faring Kata)
11.TEKNIK-TEKNIK YANG BERFOKUS PADA
MENULIS
Dialogue
Journal (Jurnal Dialog)
Round
Table (Meja Bundar)
Dyadic
Essay (Menulis Esai Berpasangan)
Peer
Editing (Pengeditan oleh Teman)
Collaborative
Writing (Menulis Kolaboratif)
Team
Anthologies (Antologi Kelompok)
Paper
Seminar (Makalah Seminar)
LAMPIRAN
Ide-ide Lain untuk Mengintegrasikan Tuga Pembelajaran
ke dalam sebuah Kerangka Kurikulum
Understanding
by Design karya Wiggins dan McTighe (1998)
Mengajar untuk
Pemahaman
Backward Design
(Derain Mundur)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar