Judul Buku | : | SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A | |
Penerbit | : | Rajawali Pers | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 418 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 18 x 24 cm | |
Berat | : | 600 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 118,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 100,300 | |
Stock | : | 1 |
SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Pengarang: Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A
Penerbir: Rajawali Pers
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
Dasar Pemikiran
Tujuan
Ruang Lingkup
Metode Pembahasan
BAB 2 PENGERTIAN, TUJUAN, RUANG LINGKUP, DAN SEJARAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Pengertian Sosiologi Pendidikan Islam
Tujuan Sosiologi Pendidikan Islam
Ruang Lingkup Sosiologi Pendidikan Islam
Sejarah Sosiologi Pendidikan Islam
Pendekatan dan Metode
Penutup
BAB 3 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DALAM PANDANGAN ISLAM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN
Profil Manusia menurut Islam
Unsur Sosiologis Manusia
Implikasi Konsep Manusia terhadap Konsep Pendidikan
Penutup
BAB 4 MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN DALAM PANDANGAN ISLAM
Pengertian Masyarakat
Pendidikan
Hubungan Masyarakat dan Pendidikan
Penutup
BAB 5 TINJAUAN SOSIOLOGIS TENTANG TUJUAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Pengantar
Pengertian Tujuan Pendidikan
Tujuan Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat
Upaya-upaya Mewujudkan Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat
Penutup
BAB 6 TINJAUAN SOSIOLOGIS TENTANG KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM
Pengantar
Pengertian Kurikulum
Penutup
BAB 7 REORIENTASI PERAN DAN FUNGSI GURU DALAM MASYARAKAT GLOBAL
Dasar Pemikiran
Reorientasi Visi dan Misi Guru yang Orisinal
Implikasi
Penutup
BAB 8 TINJAUAN SOSIOLOGIS TENTANG MASUKNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KE DALAM KURIKULUM SEKOLAH UMUM
Pengantar
Pengertian Pendidikan Agama Islam
Masuknya Pendidikan Agama ke dalam Kurikulum Sekolah Umum
Penutup
BAB 9 TINJAUAN SOSIOLOGIS TENTANG CORAK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
Pengertian Pendidikan Agama Islam
Faktor-faktor yang Memengaruhi Corak Pendidikan Agama Islam
Kurikulum clan Bahan Ajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Penutup
BAB 10 PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN SOSIAL
Pengantar
Pengertian Perubahan Sosial
Sebab dan Akibat Perubahan Sosial
Kegunaan Memahami Perubahan Sosial bagi Pendidikan
Petunjuk Ajaran Islam dalam Menghadapi Perubahan Sosial
Penutup
BAB 11 TINJAUAN SOSIOLOGIS TENTANG POLA KEPEMIMPINAN PONDOK PESANTREN
Pendahuluan
Pengertian dan Macam-macam Pola Kepemimpinan Pondok Pesantren
Model Kepemimpinan Pondok Pesantren di Masa Depan
Penutup
BAB 12 PERAN PENDIDIKAN DALAM MENGHASILKAN INSAN AKADEMIS BERINTEGRITAS
Pendahuluan
Lembaga-lembaga Pendidikan Islam dalam. Sejarah
Pola Gerakan Intelektual dalam Islam
Berbagai Faktor Pemicu Lahirnya Insan Akademis yang Berintegritas
Penutup
BAB 13 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL DAN PERANANNYA DALAM MENANGGULANGI RADIKALISME, TERORISME DAN KONFLIK SOSIAL
Pendahuluan
Multikulturalisme
Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam
Penutup
BAB 14 PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGAN GLOBALISASI
Pendahuluan
Tantangan-tantangan Globalisasi
Strategi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan-tantangan Globalisasi
Penutup
BAB 15 MEMPERBAIKI LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH
Pengantar
Bentuk-bentuk Sekolah
Sekolah sebagai Lembaga Sosial
Hukum-hukum Kemasyarakatan
Penutup
BAB 16 PENGARUH SITUASI SOSIAL POLITIK, EKONOMI, DAN BUDAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM
Pengantar
Faktor Sosial-Politik
BAB 17 PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA BERBASIS BUDAYA KEAGAMAAN ISLAM
Pengantar
Pendidikan Agama Islam sebagai Dasar Pendidikan
Pembentuk Karakter melalui Pembudayaan PAI
Pembentukan Karakter melalui Proses Belajar Mengajar yang Holistik dan Humanistik
Penutup
BAB 18 PEMANFAATAN BUDAYA LOKAL DALAM PENDIDIKAN
Pendahuluan
Pengertian Budaya Lokal
Macam-macam Budaya Lokal (Local Wisdom)
Faktor-faktor yang Membentuk Kebudayaan
Pemanfaatan Budaya Lokal dalam Pendidikan E Penutup
BAB 19 PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS
Bagaimana cara memesan bukunya?
BalasHapus