TOKO BUKU DISKON SEPANJANG MASA, DISKON s/d 50%
Sedia buku TK/ PAUD, SD, SMP/SMK, Soal-soal ujian, UAN, UASBN, SBMPTN, Evaluasi Ulangan Umum, Agama Islam, Umum, Perguruan Tinggi: Ekonomi, Akuntansi, manajemen, pajak, hukum, undang-undang, mipa, fisika, kimia, biologi, matematika, elektro, listrik, teknik industri, kimia, arsitektur, sipil, lingkungan, perawat, bidan, kedokteran, atlas, statistika, metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, pendidikan, penelitian tindakan kelas PTK, penelitian tindakan sekolah PTS, penulisan skripsi, tesis, disertasi, agama, syariah, proses belajar mengajar, komunikasi, jurnalistik, komputer, dll.
Telp. 0271-7655232 HP/WA 085601967147;
email tokobukuantik@gmail.com


CARA BELANJA

Jumat, 12 Juni 2015

KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDEKATAN ANTAR PERSONAL (A RELATIONSHIP-BASED APPROACH)

Judul Buku : KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDEKATAN ANTAR PERSONAL (A RELATIONSHIP-BASED APPROACH)
Pengarang : Sandra H. Petersen
Penerbit : Kencana 
Cetakan  :  Ke-1
Tahun Terbit : 2015
Bahasa : Indonesia
Jumlah Halaman : 354 hlm
Kertas Isi : CD
Cover : Soft
Ukuran : 15 x 23 cm
Berat : 600 gram
Kondisi : Baru
Harga :  Rp     120,000 diskon 15% 
Bayar :  Rp     102,000
Stock : 1





KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDEKATAN ANTAR PERSONAL (A RELATIONSHIP-BASED APPROACH)
Penerbit: Sandra H. Petersen
Penerbit: Kencana

DAFTAR ISI

BAGIAN PERTAMA A RESPONSIVE, RELATIONSHIP-BASED APPROACH

BAB 1 HUBUNGAN SEBAGAI DASAR BAGI KURIKULUM
Apa bayi dan batita belajar?
Bagaimana bayi dan batita belmar?
Apakah kurikulum bayi/batita itu?
Pengalaman usia dini dan otak
Peran orang dewasa dalam pemelajaran bayi/batita
Bagaimana hubungan itu penting bagi kurikulum dan pemelajaran? Hubungan aman mendorong pemelajaran
Hubungan itu penting dalam pengasuhan kelompok
Dimensi hubungan
Menyadari, merenungkan, mengaitkan
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 2 KESEMPATAN BEGITU LUAS UNTUK MELIBATKAN KELUARGA
Kesempatan bagi komunikasi
Pertukaran informasi setiap hari informasi tentang kebijakan
Kesempatan sesekali bagi komunikasi
Kesempatan bali kontribusi orangtua
Menyimpan foto anggota keluarga
Selalu ada
Dukungan masyarakat
Partisipasi dalam menjaga kualitas
Kesempatan untuk menjangkau
Perbedaan budaya
Keluarga militer
Keluarga dari anak-anak berkebutuhan khusus keluarga dengan sakit mental atau depresi persalinan orangtua remaja
Perceraian dan perpisahan
Melibatkan ayah dan lelaki penting lainnya
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 3 RUTINITAS PENGASUHAN RESPONSIF, AMAN, DAN SEHAT
Pengasuhan berdasarkan hubungan: responsif, sesuai permintaan, dan bisa diprediksi
Pengasuhan responsif
Pengasuhan sesuai permintaan pengasuhan bisa diprediksi
Perhatlan cermat terhadap praktik aman dan sehat selama pengasuhan rutin
Penanganan makanan bagi bayi kecil mencegah tersebarnya penyakit
Mendorong kesehatan dan menjaga lingkungan yang aman imunisasi dan perawatan anak sehat kesehatan mulut
Nutrisi dan kebugaran tubuh
Mengurangi risiko sids
Mengurangi risiko sindrom bayi terguncang [shaken baby syndrome]
Praktik aman
Melaporkan penyalahgunaan dan penelantaran anak
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 4 LINGKUNGAN RESPONSIF DAN BERDASARKAN HUBUNGAN
DIMENSI SEBUAH LINGKUNGAN
Materiel, mainan, dan peralatan di tiap wilayah pemelajaran wilayah tidur
Wilayah makan
Wilayah penggantian popok dan toilet
Pojok nyaman
Wilayah bahasa dan literasi wilayah kreatif
Wilayah sensorik
Wilayah permainan drama wilayah manipulatif
Ruang konstruksi
Wilayah aktif kegiatan motorik besar
Dinding dan papan buletin ruang keluarga dan guru perlengkapan adaptif
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 5 KESEMPATAN BEGITU LUAS UNTUK PANDUAN DAN PENATAAN ULANG HUBUNGAN
Panduan sebagai proses berdasarkan hubungan dan terindividualisasi
Panduan 3m: menyadari, merenungkan, mengaitkan
Menyadari
Merenungkan
Mengaitkan
Strategi panduan mengaitkan
Skenario menyadari, merenungkan, dan mengaitkan
Kapan renungan tidak tepat memanjakan anak
Penataan ulang hubungan
Kecemasan karena keberpisahan kecemasan karena orang asing perkembangan otonomi
Tantangan dalam hubungan
Anak yang menggigit orang-orang
Anak yang merasa khawatir, cemas, dan/atau menarik diri dari pergaulan anak yang menyakiti orang dewasa, anak-anak lain, atau merusak materiel di lingkungan
Anak yang merasa ditolak
Anak yang mengalami trauma, penyalahgunaan anak, atau penelantaran anak
Pendekatan kolaboratif bagi mendukung anak-anak yang merasa kesusahan rangkuman
Pertanyaan

BAB 6 MENGGUNAKAN PENGAMATAN DAN DOKUMENTASI UNTUK PERENCANAAN RESPONSIF DAN PENILAIAN BERKESINAMBUNGAN
Pengamatan
Pengamatan lebih daripada sekadar memperhatikan
Pengamatan membangun hubungan
Memandu pengamatan dengan pertanyaan
Dokumentasi: mencatat pengamatan
Mencatat pengamatan
Perencanaan bagi bayi dan batita
Formulir perencanaan
Penilaian berkesinambungan
Apa itu penilaian?
Bagaimana penilaian membantu bagi program bayi/batita?
Apa saja penilaian umum digunakan?
Rangkuman pertanyaan

BAGIAN KEDUA OPPORTUNITIES FOR RELATIONSHIPS AND LEARNING

BAB 7 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI KELEKATAN DAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Menyadari kelekatan dan perkembangan emosional
Keamanan
Pengaturan diri
Rasa percaya
Ekspresi emosional
Kelekatan
Kesadaran diri atau identitas perasaan diri dengan orang lain kecemasan karena keberpisahan
Kecemasan karena orang asing
Perujukan sosial
Temperamen
Kecocokan suai
Mengaitkan dengan kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas tentang kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil perencanaan bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas perencanaan bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas batita dan usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari kelekatan dan perkembangan emosional batita dan usia 2 tahun keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi kelekatan dan perkembangan emosional batita dan usia dua tahun
Perencanaan bagi kelekatan dan perkembangan emosional batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 8 KESEMPATAN BEGITU LUAS BALI PERKEMBANGAN SOSIAL
Menyadari perkembangan soslai
Minat dan kesenangan pads sebaya
Perilaku dan kemampuan prososial
Kemampuan germain
Negosiasi dan pengelolaan konflik atas perasaan agresif mengaitkan dengan perkembangan sosial dengan sebaya bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari perkembangan sosial bayi kecil dengan sebaya keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi perkembangan sosial bayi kecil dengan sebaya perencanaan bagi perkembangan sosial bayi kecil dengan sebaya
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari perkembangan sosial bayi trengginas dengan sebaya
Keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi perkembangan sosial bayi trengginas dengan sebaya perencanaan bagi perkembangan sosial bayi trengginas
Perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun sekilas dari perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun perencanaan bagi perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun dengan sebaya
Rangkuman
Pertanyaan

BAB 9 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI PEMELAJARAN DAN PEMIKIRAN
Menyadari pemelajaran dan pemikiran anak-anak mempelajari konsep dasar
Mengaitkan dengan pemelajaran dan pemikiran bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari pemelajaran dan pemikiran bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi pemelajaran dan pemikiran
Perencanaan bagi pemelajaran dan pemikiran bayi kecil
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari pemelajaran dan pemikiran bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi pemelajaran dan pemikiran bayi trengginas perencanaan bagi pemelajaran dan pemikiran bayi trengginas
Batita dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun perencanaan bagi pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun rangkuman
Pertanyaan

BAB 10 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI PERKEMBANGAN BAHASA LITERASI, DAN MUSIK
Menyadari perkembangan bahasa, literasi, dan musik aspek dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik
Mengaitkan dengan perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil perencanaan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas perencanaan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas batita dan anak usia dua tahun
Sekilas dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Perencanaan bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman
Pertanyaan

Bab 11 KESEMPATAN BEGITU LUAS BALI PERKEMBANGAN PERGERAKAN DAN MOTORIK
Menyadari perkembangan pergerakan dan motorik keseimbangan
Fleksibilitas
Postur
Meraih dan menendang
Fungsionalitas meningkat
Mobilitas
Mengaitkan dengan perkembangan pergerakan dan motorik bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari perkembangan pergerakan dan motorik bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi gerakan dan perkembangan motorik bayi kecil perencanaan bagi pergerakan dan kemampuan motorik bayi kecil
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari kemampuan bergerak dan motorik berkembang bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi perkembangan gerakan dan motorik bayi trengginas perencanaan bagi perkembangan. Pergerakan dan motorik bayi trengginas batita dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari perkembangan pergerakan dan motorik batita dan. Anak usia dua tabun
Keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan. Bagi gerakan dan perkembangan motorik batita dan anak usia dua tabun
Panduan perencanaan bagi perkembangan pergerakan dan. Motorik batita dan anak usia dua tabun
Rangkuman pertanyaan

BAB 12 KESEMPATAN BEGITU LUAS BALI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS
Menyadari perkembangan motorik halus menjangkau, menggenggam, dan memanipulasi objek koordinasi bilateral
Kemampuan membantu diri sendiri
Mengaitkan dengan perkembangan motorik halus bayi kecil: baru lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari perkembangan motorik halus bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi perkembangan motorik halus bayi kecil perencanaan bagi perkembangan motorik halus bayi kecil bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari perkembangan motorik halus bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi perkembangan. Motorik halus bayi trengginas perencanaan bagi perkembangan motorik halus bayi trengginas
Batita dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari perkembangan motorik halus batita dan anak usia dua tabun keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi perkembangan motorik halus dan konstruksi batita dan
Anak usia dua tabun
Perencanaan bagi perkembangan motorik halus batita dan anak usia dua tabun rangkuman
Pertanyaan

BAB 13 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI PERKEMBANGAN KREATIF, SENSORIK, DAN PERMAINAN SIMBOLIK/DRAMA
Menyadari perkembangan kreativitas, permainan simbolik/drama, dan sensorik
Kreativitas
Permainan simbolik dan drama
Perkembangan sensorik
Mengaitkan dengan perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik
Bayi kecil: lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi perkembangan kreativitas, permainan simbolik/drama, dan sensorik
Perencanaan bagi perkembangan kreatif, sensorik, dan permainan simbolik/drama
Bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik
Bayi trengginas
Keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi perkembangan kreatif, sensorik, dan simbolik/drama bayi trengginas
Perencanaan bagi perkembangan kreatif, permainan simbolik/drama, dan sensorik bayi trengginas
Batita dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik batita keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik batita dan anak usia dua tahun
Perencanaan bagi perkembangan kreatif, permainan simbolik/drama,
Dan sensorik batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman pertanyaan

BAB 14 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI PEMELAJARAN LUAR RUANG
Menyadari mempelajari tentang alam dan luar ruang
Anak-anak mempelajari tentang alam,
Mengaitkan dengan pemelajaran tentang luar ruang bayi kecil: lahir sampai 9 bulan
Sekilas dari pemelajaran alam bayi kecil
Keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan bagi pemelajaran luar ruang bayi kecil
Perencanaan bagi pemelajaran luar ruang bayi kecil
Bayi trengginas: 8 hingga 18 bulan
Sekilas dari pemelajaran bayi trengginas tentang luar ruang
Keputusan guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan bagi pemelajaran luar ruang bayi trengginas
Perencanaan bagi pemelajaran luar ruang bayi trengginas
Batita dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas dari pemelajaran batita dan anak usia dua tahun tentang luar ruang keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan bagi pemelajaran batita dan anak usia dua tahun
Tentang luar ruang
Perencanaan bagi pemelajaran luar ruang batita dan anak usia dua tahun rangkuman
Pertanyaan

LAMPIRAN A
PANDUAN PERENCANAAN
LAMPIRAN B
INVENTARISASI PRAKTIK GURU
REFERENSI INDEKS





KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar