Judul Buku | : | KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDEKATAN ANTAR PERSONAL (A RELATIONSHIP-BASED APPROACH) | |
Pengarang | : | Sandra H. Petersen | |
Penerbit | : | Kencana | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 354 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 cm | |
Berat | : | 600 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 120,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 102,000 | |
Stock | : | 1 |
KURIKULUM
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDEKATAN ANTAR PERSONAL (A
RELATIONSHIP-BASED APPROACH)
Penerbit: Sandra H. Petersen
Penerbit: Kencana
DAFTAR
ISI
BAGIAN PERTAMA A RESPONSIVE,
RELATIONSHIP-BASED APPROACH
BAB 1 HUBUNGAN SEBAGAI DASAR BAGI
KURIKULUM
Apa
bayi dan batita belajar?
Bagaimana
bayi dan batita belmar?
Apakah
kurikulum bayi/batita itu?
Pengalaman
usia dini dan otak
Peran
orang dewasa dalam pemelajaran bayi/batita
Bagaimana
hubungan itu penting bagi kurikulum dan pemelajaran? Hubungan aman mendorong
pemelajaran
Hubungan
itu penting dalam pengasuhan kelompok
Dimensi
hubungan
Menyadari,
merenungkan, mengaitkan
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 2 KESEMPATAN BEGITU LUAS UNTUK MELIBATKAN
KELUARGA
Kesempatan
bagi komunikasi
Pertukaran
informasi setiap hari informasi tentang kebijakan
Kesempatan
sesekali bagi komunikasi
Kesempatan
bali kontribusi orangtua
Menyimpan
foto anggota keluarga
Selalu
ada
Dukungan
masyarakat
Partisipasi
dalam menjaga kualitas
Kesempatan
untuk menjangkau
Perbedaan
budaya
Keluarga
militer
Keluarga
dari anak-anak berkebutuhan khusus keluarga dengan sakit mental atau depresi
persalinan orangtua remaja
Perceraian
dan perpisahan
Melibatkan
ayah dan lelaki penting lainnya
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 3 RUTINITAS PENGASUHAN RESPONSIF, AMAN, DAN
SEHAT
Pengasuhan
berdasarkan hubungan: responsif, sesuai permintaan, dan bisa diprediksi
Pengasuhan
responsif
Pengasuhan
sesuai permintaan pengasuhan bisa diprediksi
Perhatlan
cermat terhadap praktik aman dan sehat selama pengasuhan rutin
Penanganan
makanan bagi bayi kecil mencegah tersebarnya penyakit
Mendorong
kesehatan dan menjaga lingkungan yang aman imunisasi dan perawatan anak sehat kesehatan
mulut
Nutrisi
dan kebugaran tubuh
Mengurangi
risiko sids
Mengurangi
risiko sindrom bayi terguncang [shaken baby syndrome]
Praktik
aman
Melaporkan
penyalahgunaan dan penelantaran anak
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 4 LINGKUNGAN RESPONSIF DAN BERDASARKAN HUBUNGAN
DIMENSI SEBUAH LINGKUNGAN
Materiel, mainan, dan
peralatan di tiap wilayah pemelajaran wilayah tidur
Wilayah makan
Wilayah penggantian popok dan
toilet
Pojok nyaman
Wilayah bahasa dan literasi
wilayah kreatif
Wilayah sensorik
Wilayah permainan drama
wilayah manipulatif
Ruang konstruksi
Wilayah aktif kegiatan
motorik besar
Dinding dan papan buletin ruang
keluarga dan guru perlengkapan adaptif
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 5 KESEMPATAN BEGITU LUAS UNTUK PANDUAN DAN PENATAAN ULANG HUBUNGAN
Panduan sebagai proses berdasarkan hubungan dan terindividualisasi
Panduan 3m: menyadari,
merenungkan, mengaitkan
Menyadari
Merenungkan
Mengaitkan
Strategi panduan mengaitkan
Skenario menyadari,
merenungkan, dan mengaitkan
Kapan renungan tidak tepat memanjakan
anak
Penataan ulang hubungan
Kecemasan karena keberpisahan
kecemasan karena orang asing perkembangan otonomi
Tantangan dalam hubungan
Anak yang menggigit orang-orang
Anak yang merasa khawatir,
cemas, dan/atau menarik diri dari pergaulan anak yang menyakiti orang dewasa,
anak-anak lain, atau merusak materiel di lingkungan
Anak
yang merasa ditolak
Anak
yang mengalami trauma, penyalahgunaan anak, atau penelantaran anak
Pendekatan
kolaboratif bagi mendukung anak-anak yang merasa kesusahan rangkuman
Pertanyaan
BAB 6 MENGGUNAKAN PENGAMATAN DAN
DOKUMENTASI UNTUK PERENCANAAN RESPONSIF DAN PENILAIAN BERKESINAMBUNGAN
Pengamatan
Pengamatan
lebih daripada sekadar memperhatikan
Pengamatan
membangun hubungan
Memandu
pengamatan dengan pertanyaan
Dokumentasi:
mencatat pengamatan
Mencatat
pengamatan
Perencanaan
bagi bayi dan batita
Formulir
perencanaan
Penilaian
berkesinambungan
Apa
itu penilaian?
Bagaimana
penilaian membantu bagi program bayi/batita?
Apa
saja penilaian umum digunakan?
Rangkuman
pertanyaan
BAGIAN KEDUA OPPORTUNITIES FOR
RELATIONSHIPS AND LEARNING
BAB 7 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI KELEKATAN DAN
PERKEMBANGAN EMOSIONAL
Menyadari
kelekatan dan perkembangan emosional
Keamanan
Pengaturan
diri
Rasa
percaya
Ekspresi
emosional
Kelekatan
Kesadaran
diri atau identitas perasaan diri dengan orang lain kecemasan karena
keberpisahan
Kecemasan
karena orang asing
Perujukan
sosial
Temperamen
Kecocokan
suai
Mengaitkan
dengan kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil: sejak lahir sampai 9
bulan
Sekilas
tentang kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil keputusan guru pengasuh
bayi kecil
Kesempatan
bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi kecil perencanaan bagi kelekatan
dan perkembangan emosional bayi kecil
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas keputusan guru
pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas perencanaan bagi
kelekatan dan perkembangan emosional bayi trengginas batita dan usia dua tahun:
16-36 bulan
Sekilas
dari kelekatan dan perkembangan emosional batita dan usia 2 tahun keputusan
guru pengasuh batita
Kesempatan
bagi kelekatan dan perkembangan emosional batita dan usia dua tahun
Perencanaan
bagi kelekatan dan perkembangan emosional batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 8 KESEMPATAN BEGITU LUAS BALI
PERKEMBANGAN SOSIAL
Menyadari
perkembangan soslai
Minat
dan kesenangan pads sebaya
Perilaku
dan kemampuan prososial
Kemampuan
germain
Negosiasi
dan pengelolaan konflik atas perasaan agresif mengaitkan dengan perkembangan
sosial dengan sebaya bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas
dari perkembangan sosial bayi kecil dengan sebaya keputusan guru pengasuh bayi
kecil
Kesempatan
bagi perkembangan sosial bayi kecil dengan sebaya perencanaan bagi perkembangan
sosial bayi kecil dengan sebaya
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari perkembangan sosial bayi trengginas dengan sebaya
Keputusan
guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi perkembangan sosial bayi trengginas dengan sebaya perencanaan bagi
perkembangan sosial bayi trengginas
Perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun sekilas dari perkembangan sosial
batita dan anak usia dua tahun keputusan guru pengasuh batita
Kesempatan
bagi perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun perencanaan bagi
perkembangan sosial batita dan anak usia dua tahun dengan sebaya
Rangkuman
Pertanyaan
BAB 9 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI
PEMELAJARAN DAN PEMIKIRAN
Menyadari
pemelajaran dan pemikiran anak-anak mempelajari konsep dasar
Mengaitkan
dengan pemelajaran dan pemikiran bayi kecil: sejak lahir sampai 9 bulan
Sekilas
dari pemelajaran dan pemikiran bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan
bagi pemelajaran dan pemikiran
Perencanaan
bagi pemelajaran dan pemikiran bayi kecil
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari pemelajaran dan pemikiran bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi
trengginas
Kesempatan
bagi pemelajaran dan pemikiran bayi trengginas perencanaan bagi pemelajaran dan
pemikiran bayi trengginas
Batita
dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas
dari pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun keputusan guru
pengasuh batita
Kesempatan
bagi pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun perencanaan bagi
pemelajaran dan pemikiran batita dan anak usia dua tahun rangkuman
Pertanyaan
BAB 10 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI
PERKEMBANGAN BAHASA LITERASI, DAN MUSIK
Menyadari
perkembangan bahasa, literasi,
dan musik aspek dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik
Mengaitkan
dengan perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil: sejak lahir sampai
9 bulan
Sekilas
dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil keputusan guru
pengasuh bayi kecil
Kesempatan
bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil perencanaan bagi
perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi kecil
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas keputusan guru
pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas perencanaan bagi
perkembangan bahasa, literasi, dan musik bayi trengginas batita dan anak usia
dua tahun
Sekilas
dari perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Keputusan
guru pengasuh batita
Kesempatan
bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Perencanaan
bagi perkembangan bahasa, literasi, dan musik batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman
Pertanyaan
Bab 11 KESEMPATAN BEGITU LUAS BALI
PERKEMBANGAN PERGERAKAN
DAN MOTORIK
Menyadari
perkembangan pergerakan dan motorik keseimbangan
Fleksibilitas
Postur
Meraih
dan menendang
Fungsionalitas
meningkat
Mobilitas
Mengaitkan
dengan perkembangan pergerakan dan motorik bayi kecil: sejak lahir sampai 9
bulan
Sekilas
dari perkembangan pergerakan dan motorik bayi kecil keputusan guru pengasuh
bayi kecil
Kesempatan
bagi gerakan dan perkembangan motorik bayi kecil perencanaan bagi pergerakan
dan kemampuan motorik bayi kecil
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari kemampuan bergerak dan motorik berkembang bayi trengginas keputusan guru
pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi perkembangan gerakan dan motorik bayi trengginas perencanaan bagi
perkembangan. Pergerakan dan motorik bayi trengginas batita dan anak usia dua
tahun: 16-36 bulan
Sekilas
dari perkembangan pergerakan dan motorik batita dan. Anak usia dua tabun
Keputusan
guru pengasuh batita
Kesempatan.
Bagi gerakan dan perkembangan motorik batita dan anak usia dua tabun
Panduan
perencanaan bagi perkembangan pergerakan dan. Motorik batita dan anak usia dua
tabun
Rangkuman
pertanyaan
BAB 12 KESEMPATAN BEGITU LUAS
BALI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS
Menyadari
perkembangan motorik halus menjangkau, menggenggam, dan memanipulasi objek koordinasi
bilateral
Kemampuan
membantu diri sendiri
Mengaitkan
dengan perkembangan motorik halus bayi kecil: baru lahir sampai 9 bulan
Sekilas
dari perkembangan motorik halus bayi kecil keputusan guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan
bagi perkembangan motorik halus bayi kecil perencanaan bagi perkembangan
motorik halus bayi kecil bayi trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari perkembangan motorik halus bayi trengginas keputusan guru pengasuh bayi
trengginas
Kesempatan
bagi perkembangan. Motorik halus bayi trengginas perencanaan bagi perkembangan
motorik halus bayi trengginas
Batita
dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas
dari perkembangan motorik halus batita dan anak usia dua tabun keputusan guru
pengasuh batita
Kesempatan
bagi perkembangan motorik halus dan konstruksi batita dan
Anak
usia dua tabun
Perencanaan
bagi perkembangan motorik halus batita dan anak usia dua tabun rangkuman
Pertanyaan
BAB 13 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI
PERKEMBANGAN KREATIF, SENSORIK, DAN PERMAINAN SIMBOLIK/DRAMA
Menyadari
perkembangan kreativitas, permainan simbolik/drama, dan sensorik
Kreativitas
Permainan
simbolik dan drama
Perkembangan
sensorik
Mengaitkan
dengan perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik
Bayi
kecil: lahir sampai 9 bulan
Sekilas
dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik bayi kecil keputusan
guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan
bagi perkembangan kreativitas, permainan simbolik/drama, dan sensorik
Perencanaan
bagi perkembangan kreatif, sensorik, dan permainan simbolik/drama
Bayi
trengginas: 8-18 bulan
Sekilas
dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik
Bayi
trengginas
Keputusan
guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi perkembangan kreatif, sensorik, dan simbolik/drama bayi trengginas
Perencanaan
bagi perkembangan kreatif, permainan simbolik/drama, dan sensorik bayi
trengginas
Batita
dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas
dari perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik batita keputusan guru
pengasuh batita
Kesempatan
bagi perkembangan kreatif, simbolik/drama, dan sensorik batita dan anak usia
dua tahun
Perencanaan
bagi perkembangan kreatif, permainan simbolik/drama,
Dan
sensorik batita dan anak usia dua tahun
Rangkuman
pertanyaan
BAB 14 KESEMPATAN BEGITU LUAS BAGI
PEMELAJARAN LUAR RUANG
Menyadari
mempelajari tentang alam dan luar ruang
Anak-anak
mempelajari tentang alam,
Mengaitkan
dengan pemelajaran tentang luar ruang bayi kecil: lahir sampai 9 bulan
Sekilas
dari pemelajaran alam bayi kecil
Keputusan
guru pengasuh bayi kecil
Kesempatan
bagi pemelajaran luar ruang bayi kecil
Perencanaan
bagi pemelajaran luar ruang bayi kecil
Bayi
trengginas: 8 hingga 18 bulan
Sekilas
dari pemelajaran bayi trengginas tentang luar ruang
Keputusan
guru pengasuh bayi trengginas
Kesempatan
bagi pemelajaran luar ruang bayi trengginas
Perencanaan
bagi pemelajaran luar ruang bayi trengginas
Batita
dan anak usia dua tahun: 16-36 bulan
Sekilas
dari pemelajaran batita dan anak usia dua tahun tentang luar ruang keputusan
guru pengasuh batita
Kesempatan
bagi pemelajaran batita dan anak usia dua tahun
Tentang
luar ruang
Perencanaan
bagi pemelajaran luar ruang batita dan anak usia dua tahun rangkuman
Pertanyaan
LAMPIRAN A
PANDUAN PERENCANAAN
LAMPIRAN B
INVENTARISASI PRAKTIK GURU
REFERENSI INDEKS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar