Judul Buku | : | PSIKOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (BERBASIS INTEGRASI DAN KOMPETENSI) SUMBANGAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EDISI REVISI | |
Pengarang | : | Dr. Tohirin, M.Pd | |
Penerbit | : | Rajawali Pers | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 214 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 21 cm | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 64,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 54.400 | |
Stock | : | 1 |
PSIKOLOGI
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (BERBASIS INTEGRASI DAN KOMPETENSI)
SUMBANGAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM EDISI REVISI
Pengarang: Dr. Tohirin, M.Pd
Penerbit: Rajawali Pers
DAFTAR
ISI
BAB 1:
MAKNA PSIKOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pengantar:
Jenis-jenis Psikologi
Makna Psikologi
Pembelajaran PAI
Sejarah dan
Pengertian Psikologi
Pengertian Belajar
Pengertian
Pendidikan Islam
Makna
Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Bacaan Pendukung
BAB 2:
PERAN, URGENSI DAN CAKUPAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Peran Psikologi
dalam Pembelajaran PAI
Urgensi Psikologi
Pembelajaran PAI
Cakupan Pembahasan Psikologi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bacaan Pendukung
BAB 3: METODE
PSIKOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Metode Konvensional
Observasi Diri (Metode
Introspeksi)
Metode Eksperimen
Metode Kuesioner (Angket)
Metode Studi Kasus
Metode Klinis
Metode Observasi Naturalistik
Metode Integrasi
Bacaan Pendukung
BAB 4:
PERKEMBANGAN INDIVIDU DALAM KONTEKS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pengantar: Makna Perkembangan
Proses, Tugas dan Prinsip
Perkembangan
Proses Perkembangan
Tugas-tugas Perkembangan
Prinsip-prinsip Perkembangan
Perkembangan Motorik,
Kognitif, Sosial dan Moral
Perkembangan Motorik (Motoric
Development)
Perkembangan Kognitif (Cognitive
Development)
Perkembangan Sosial
dan Moral (Social and Moral Development)
Arti Penting
Perkembangan bagi Proses Pembelajaran PAI
Bacaan Pendukung
BAB 5: MAKNA.
DAN. TEORI BELAJAR
Makna Belajar
Beberapa Teori
Belajar
Teori Koneksionisme (Connectionism)
Teori Pembiasaan
Klasikal (Classical Conditioning)
Teori Pembiasaan
Perilaku Respons
Teori Pendekatan
Kognitif
Bacaan Pendukung
BAB 6:
ASPEK-ASPEK PSIKOLOGIS DALAM PROSES PERNBELAJARAN.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pengantar
Perilaku Mengajar
Perilaku Belajar
Belajar untuk
Menjadi (Learning to Be)
Belajar
untuk Belajar (Learning to Learn)
Belajar
untuk Bekerja (Learning to Work)
Bacaan Pendukung
BAB 7: CIRI-CIRI KHUSUS, PERWUJUDAN
PERILAKU DAN JENIS-JENIS BELAJAR
Ciri-ciri Khusus
Perilaku Belajar 1. Perubahan Intensional
Perubahan Positif
dan Aktif
Perubahan Efektif
dan Fungsional
Perwujudan Perilaku
Belajar
Kebiasaan
Keterampilan
Pengamatan
Berpikir Asosiatif
dan Daya Ingat
Berpikir Rasional
dan Kritis
Sikap
Inhibisi
Apresiasi
Tingkah Laku Afektif
Jenis-jenis Belajar
Belajar Abstrak
Belajar Keterampilan
Belajar Sosial
Belajar
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Belajar Rasional
Belajar Kebiasaan
Belajar Apresiasi
Belajar Pengetahuan
Bacaan Pendukung
BAB 8:
EFISIENSI DAN METODE BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Efisiensi
Belajar Pendidikan Agama Islam
Pendekatan Belajar
Metode Belajar
Metode Belajar SQ3R
Cara
Mengikuti Pelajaran atau Kuliah
Cara Belajar Sendiri
di Rumah
Cara Belajar
Kelompok
Cara
Mempelajari Buku Teks Bacaan
Pendukung
BAB 9:
FAKTOR-FAKTOR PSIKOLOGIS YANG TERKAIT DENGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA,
ISLAM
Faktor-faktor
Psikologis yang Memengaruhi Belajar
Aspek Fisiologis
Aspek Psikologis
Faktor Kelelahan
Lupa
Kejenuhan dalam
Belajar
Kesulitan Belajar
dan Alternatif Solusinya
Faktor-faktor
Kesulitan Belajar
Diagnosis Kesulitan
Belajar
Alternatif Pemecahan
Kesulitan Belajar
Transfer dalam
Belajar
Transfer Vertikal
(Tegak Lurus)
Transfer Lateral (Ke
Arah Samping)
Prestasi Belajar
Tipe Prestasi
Belajar Bidang Kognitif
Tipe Prestasi
Belajar Bidang Afektif
Tipe
Prestasi Belajar Bidang Psikomotor
Evaluasi Hasil
Belajar
Ukuran Prestasi
Belajar Bacaan Pendukung
BAB
10:PERSPEKTIF PSIKOLOGI TENTANG GURU DAN MENGAJAR
DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA. ISLAM
Perspektif Psikologi
tentang Guru
Pengantar
Peranan Guru
Kebutuhan dan
Motivasi
Kepribadian
Perspektif
Psikologi tentang Guru yang
Baik
Psikologi Mengajar
Proses Pembelajaran
yang Efektif
Model-model Mengajar
Memilih
Model Mengajar untuk
Dipelajari
Bacaan Pendukung
Biodata Penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar